iNteL atOm regeNerasi

Intel ATOM, generasi baru Processor Hemat Energi

Raksasa prosesor Intel memperkenalkan merek terbaru jajaran prosesornya dengan mengusung nama ‘Atom’. Prosesor Intel Atom ini sebelumnya dikenal dengan kode nama Silverthorne dan Diamondville. Intel Atom adalah sebuah prosesor dengan tipe yang sama sekali baru – super kecil, paket ultra low power yang dapat memberikan kapabilitas CPU desktop x86 secara penuh.Hal ini berarti Atom mampu mengoperasikan Windows, multi-task dengan menggunakan HyperThreading dan bahkan mengoperasikan aplikasi multimedia dengan dukungan SSE3.

Dari segi perangkat keras, Atom kompatibel dengan chipset 945G, DDR2 dan semua komponen PC biasa, dan semua ini tercapai hanya dengan TDP thermal design power) di sekitar 2W atau kurang dari 3% Core 2 Duo biasa. Kombinasi kinerja dan efisiensi yang revolusioner ini berarti ponsel-ponsel pintar yang diperkuat Atom dapat mengoperasikan aplikasi-aplikasi yang sama dengan desktop dan pada saat yang sama, cukup efisien untuk mempertahankan baterai.

PC yang diperkuat dengan Atom juga akan dapat beroperasi dengan jauh lebih hemat energi. Intel Atom akan bersanding dengan merek-merek Intel sebelumnya yang lebih dulu eksis seperti Celeron, Core ataupun Xeon. Intel Atom akan berjalan pada clock speed sampai 1,8 GHz.

Saat ini telah banyak bermunculan laptop-laptop yang menggunakan Intel Atom sebagai processornya. Beberapa waktu yang lalu saya juga mengunjungi ke toko komputer langganan saya, ternyata paket processor intel atom 1,6 Giga + Motherboard seharga 900 ribu. Kebutuhan listrik separoh dari PC biasa.

1 Komentar

  1. harap Like yuaaaaaaaaaaa


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s