DC cara pengguNaaN tOmboL oNeresCue Pda LenoVo WindoWs7 oriGinaL

Tombol Lenovo Onekey Recovery

Bagi anda pemilik notebook Lenovo berbagai seri, tentu melihat satu tombol di sebelah power button yang bernama Onekey Recovery button. Dasar Lenovo, pelit banget kasih info detail mengenai manfaat tombol ini. Bahkan waktu saya pencet, tidak menghasilkan apa-apa selain booting normal Windows XP saya. Di lembaran manual bawaan Lenovo G430 saya (yang tipis banget kayak instruction manual mesin cuci WA60N2 Samsung saya) sama sekali ngga berguna.
Tadinya saya pikir kalo saya kasih bootable CD disk di DVD drive lalu saya pencet Onekey Recovery button akan otomatis boot dari DVD. Waktu saya coba, ternyata tetep aja booting sequence mengikuti apa yang kita setting dari Lenovo BIOS nya. Heeeh, jadi apa sih sebenernya fungsi tombol Onekey Recovery ini?
Akhirnya kepepet juga googling di forum Lenovo. Gendengnya, ngga ketemu juga penjelasan detail tentang Onekey Recovery button ini. Akhirnya mencoba meraba-raba apa yang mereka maksud dengan fungsi tombol ini dan inilah gambaran saya. Bisa aja salah ya.
Ide dasarnya begini, bagi anda yang advanced computer users, feature Onekey Recovery ini sama sekali ngga berguna. Feature ini disiapkan bagi anda-anda yang gaptek computer dan operating system.
Detailnya gini, dari pabriknya, Lenovo bikin 3 partisi di HDD. Yaitu drive C yang tidak terlalu besar dan hanya cukup utk sistem operasi. Lalu ada drive D yang jauh lebih besar dan di sinilah kita musti install program dan simpan data-data kita (musik, MP3, film Miyabi, dll) di drive D ini. Lalu ada partisi ketiga tanpa nama dan tidak terlihat (invisible) dan digunakan oleh Lenovo untuk melakukan backup sistem kita dari drive C.
Cara kerjanya adalah software Recovery dari Lenovo akan rutin melakukan backup drive C ke invisible drive. Sehingga saat kita boot melalui Onekey Recovery button, maka software Lenovo akan membantu pemulihan sistem berdasarkan backup data yang disimpen di invisible drive tadi. Sehingga Lenovo sama sekali tidak mengijinkan perubahan ukuran semua partisi dari pabrik (factory setting). Karena itu berarti akan menghapus software Recovery Lenovo yang sudah ditanamkan di HDD notebook Lenovo.
Nah ini yang paling bikin qeqi. Rupanya software recovery Lenovo akan ditanamkan apabila kita membeli notebook Lenovo yang sudah dilengkapi dengan pre-installed Windows sebelum dipasarkan. Jadi bagi kita-kita yang punya Lenovo notebook yang diisi dengan FreeDOS, jangan harap ada Onekey Recovery feature nya.

Dan semua items di atas dilakukan pabrik Lenovo tanpa peringatan kepada pengguna. Edan tenan.

 

WslaM ,,,, seMga brManfaaT ,,,, ^_*

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s